Tuesday, February 16, 2010

Mengubah Panas Knalpot Menjadi Listrik

Pemerintah Amerika Serikat memberikan bantuan dana pada General Motors untuk mengembangkan teknologi otomotif dalam mengefisiensikan penggunaan bahan bakar, yaitu mengubah panas knalpot menjadi listrik ,dapat menghemat bahan bakar sampai 2 persen. Energi dapat disimpan atau digunakan langsung pada mobil hibrida, mobil yang menggunakan mesin konvensional atau motor bakar, sebagai pengganti alternator, digunakan sebagai sumber tenaga untuk menjalankan audio, AC dan peralatan lainnya. Caranya dengan menggunakan logam campuran (alloy) yaitu "shape memory alloy" (SMA) kemudian diproses untuk ke tahap prototipe guna menghasilkan listrik.

Cara logam bisa mengubah panas menjadi listrik yaitu ketika SMA berbentuk kabel dipanaskan, terjadi pemuaian. Saat dingin, kekakuan kabel berkurang dan kembali ke bentuk semula lalu gulungan kabel yang berubah-ubah secara fisik digunakan untuk menggerakan generator listrik dan digunakan untuk mengisi baterai.

Mesin pada mobil, sepertiga dimanfaatkan untuk menggerakan mobil dan sisanya dua pertiga terbuang percuma. Panas yang terbuang dari knalpot atau radiator, dialirkan ke interior sebagai pemanas, tapi hanya bisa dijalankan di daerah beriklim dingin atau musim dingin. Panas mesin dapat mengurangi gesekan, mesin diatur saat bekerja pada suhu yang tepat misalnya transmisi. Jadi digunakan alat penukar panas (heat excharger) yang bisa memanaskan transmisi dengan cepat pada suhu kerja normal. Pemanfaatan sistem aerodinamika dapat mencegah energi panas terbuang atau dapat menggunakan sistem rem regeneratif (semacan KERS). Manajemen lalu lintas dengan bantuan satelit dapat membantu menurunkan konsumsi bahan bakar dan mengurangi emisi.

Komponen pada pendingin EGR (Exhaust Gas Recirculation) menghasilkan listrik 250 Watt saat mobil dikemudikan dengan normal. Energi tersebut sama dengan Sedan seri-5 yang dilengkapi dengan berbagai peralatan listrik dan elektronik. Jadi digunakan elemen semi-konduktor thermoelektrik untuk menghasilkan listrik. Semakin besar perbedaan suhu, semakin besar tegangan listrik yang dihasilkan. Suhu knalpot antara 300-500 derajat Celcius dan digunakan sebagai sisi panas generator, bagian dingin adalah pendingin mesin.

No comments:

Post a Comment